Jenis Bulu Anjing

Jumat, 20 September 2013

gambar dari : http://www.free-pet-wallpapers.com/
Memiliki anjing sebagai hewan peliharaan sudah menjadi gaya hidup masyarakat saat ini. Anjing yang dapat dijadikan penjaga dan teman banyak disukai oleh masyarakat.

Namun terkadang, kita sering mengabaikan kebersihan dan kerapian bulu anjing. Menyikat bulu anjing tanpa memperhatikan jenis bulunya ternyata dapat merusak bulu bahkan mempengaruhi kesehatannya.

Berikut cara merawat bulu anjing sesuai dengan jenis seperti dilansir dari wikihow.com beberapa waktu lalu.


Anjing Berbulu Pendek
Anjing berbulu pendek mengalami rontok bulu sekali dalam setahun, tergantung pemanasan pusat (central heating). Untuk merapikan bulunya agar mengkilap, Anda dapat menggunakan slicker brush di seluruh tubuhnya. Kemudian, gunakan sikat bulu untuk mengangkat debu serta bulu yang rontok. Setelah itu, gunakan sisir untuk bulu yang lebih panjang seperti bulu ekor. Contoh anjing yang berbulu pendek adalah Golden Retriever.

Anjing Berbulu Halus
Anjing jenis ini mengalami rontok bulu dua kali dalam setahun, contohnya cihuahua. Bulu pada anjing jenis ini harus disikat secara rutin untuk mengangkat bulu-bulu yang rontok. Gunakan sikat bulu (bristle brush) pada seluruh tubuh anjing. Setelah itu, gunakan chamois leather untuk memberikan kesan mengkilap pada bulunya.

Anjing Berbulu Panjang
Jenis anjing ini memiliki bulu panjang di bagian luar, tetapi bulu bagian dalamnya tebal dan lembut serta mudah kusut. Untuk itu, bulu anjing jenis ini harus dirawat setiap hari dan harus rutin di-grooming. Jika anjing jenis ini mengalami kerontokan, bulu yang rontok langsung menggumpal berbentuk bola bulu. Anda bisa menggunakan slicker untuk merapikan bulu bagian dalam yang kusut. Untuk anjing berbulu panjang, sediakan cukup banyak grooming spray untuk membantu merapikan bulu kusut. Gunakan pin brush untuk memeriksa ada tidaknya kotoran dalam bulu anjing yang tidak tampak dari luar. Gunakan sisir bergerigi lebar untuk merapikan bulu pada bagian kaki dan ekor. 

Anjing Berbulu Kasar
Untuk memberikan perawatan anjing jenis bulu ini, Anda membutuhkan bantuan seorang profesional (grooming salon). Hal ini karena Anda harus melakukan stripping yaitu menarik keluar bulu yang rontok dengan menggunakan tangan atau pisau stripping. Jenis anjing ini membutuhkan perawatan bulu setiap hari dengan menggunakan pin brush agar bulunya tidak kusut.

Anjing Berbulu Keriting
Contoh anjing berbulu keriting (curky coat) adalah Poodle. bulu jenis ini bersifat anti-air (waterproof) dan tidak mudah rontok. Setiap dua bulan sekali, sebaiknya anjing jenis ini dimandikan dan digunting bulunya agar rapi. Bulu harus disisir tiap hari agar tampak rapi.

Anjing Berbulu Lembut
Bulu anjing jenis ini membutuhkan perawatan setiap hari. Gunakan slicker untuk merapikan bulu yang kusut. Kemudian gunakan sikat bulu (bristle brush) untuk memberikan kesan bersinar pada bulu anjing. Kemudian, sisir bulu pada punggung anjing membelah dua sama sisi dengan menggunakan sisir bergerigi lebar. Potong dan rapikan bulu yang tumbuh terlalu panjang di bagian kaki.


Sumber Asli : Ghiboo.com 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Westphalia Kennel - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger